Perbedaan Model Antara WEP,WPA,WPA2,Hotspot Login,Mac address filltering

Nama : Yudhistira Primatama
NIM : 121702090
Kelas : 12 5A 10
Mapel : Administrasi Jaringan
Tentang : Perbedaan Model Antara WEP,WPA,WPA2,Hotspot Login,Mac address filltering


1.Pengertian wep(Wired Equivalent Privacy)
Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metode pengamanan   jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metode otentikasi
yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access point.




Kelebihan WEP
Saat user hendak mengkoneksikan laptopnya, user tidak melakukan perubahan setting apapun, semua serba otomatis, dan saat pertama kali hendak browsing, user akan diminta untuk memasukkan Username dan password

Hampir semua komponen wireless sudah mendukung protokol ini.

Kelemahan WEP

1. Masalah kunci yang lemah, algoritma RC4 yang digunakan dapat dipecahkan.

2. WEP menggunakan kunci yang bersifat statis

3. Masalah initialization vector (IV) WEP

4. Masalah integritas pesan Cyclic Redundancy Check (CRC-32)


2.PENGERTIAN WPA (Wireless Apliccation Protokol)
Wireless Apliccation Protokol disingkat WAP adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA.
Disingkat dengan WAP.
Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format text khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP


Kelebihan WPA:
Meningkatkan enkripsi data dengan teknik Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). enkripsi yang digunakan masih sama dengan WEP yaitu RC4, karena pada dasarnya WPA ini merupakan perbaikan dari WEP dan bukan suatu level keamanan yang benar – benar baru, walaupun beberapa device ada yang sudah mendukung enkripsi AES yaitu enkripsi dengan keamanan yang paling tinggi.

Kelemahan WPA:
Kelemahan WPA sampai saat ini adalah proses kalkulasi enkripsi/dekripsi yang lebih lama dan data overhead yang lebih besar. Dengan kata lain, proses transmisi data akan menjadi lebih lambat dibandingkan bila Anda menggunakan protokol WEP.
Belum semua wireless mendukung.

3.WPA2
WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.
 

Kelebihan WPA2
1. Access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server

2. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana

Kelemahan WPA2

1.Satu satunya kelemahan wpa2 psk dan wpa adalah ketika sebuah client melakukan koneksi ke AP dimana terjadinya proses handshake, kita bisa melakukan Bruto Force yang akan mencoba satu persatu password yang ada dengan didapatkan dari proses handshake. Melakukan Bruto Force adalah melakukan dengan mengunakan dictionary file yang artinya kita harus mempunyai file berisi passpharase yang akan di coba satu persatu dengan paket handshake untuk mencari keys yg digunakan tersebut.

4. Hotspot Login

Pengertian Hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat memperoleh akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP

Kelebihan Hotspot Login

1. Tingginya minat masyarakat
    Tingginya minat masyarakat terhadap jaringan nirkabel (wireless) tidak terlepas dari banyak terdapatnya  di berbagai tempat umum yang sudah menyediakan Hotspot. Kapan dan dimanapun pengguna dapat mengaksesnya serta cara pengkoneksiannya yang tidak ribet.

2. Mudah aksesnya

Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel. Pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot. Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut -yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan- dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 3.000.000 Rupiah Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel yang tercepat.


Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja Wi-fi Hardware Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa Wi-fi dalam bentuk PCI Wi-fi dalam bentuk USB Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu Ad-Hoc Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point Infrastruktur Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

Kekurangan Hotspot Login

Kelemahan Wi-Fi yang utama adalah mudahnya dihacking oleh para hacker untuk mencuri password pengguna wi-fi.
Kekurangan yang lain adalah tidak tahan terhadap serangan flooding.
Kekurangan ini dapat diminimalisir dengan menerapkan keamanan jaringan yang baik.


Pencegahan dari  hecking

Pertama kita harus mengetahui perbedaan antara jaringan Hub dan Switch: Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalakan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang. Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer-kumputer lain tidak berhak merequest data tersebut.

Harga dari router hub dan switch tidak berbeda jauh sehingga akan lebih aman jika kita menggunakan metode switch yang akan menyulitkan untuk network hacking.


 5.Pengertian Keamanan MAC Address Filtering

Keamanan MAC Address Filtering. ... MAC address filtering adalah memblokir client berdasarkan alamat MACMAC adalah singkatan dari Media Access Control, Yaitu karakter atau alamat unik yang membedakan setiap perangkat jaringan yang terpasang dikomputer kita

Fungsi MAC Filter
MAC filter fungsinya untuk menseleksi komputer mana yang boleh masuk kedalam jaringan berdasarkan MAC Address. Bila tidak terdaftar, tidak akan bisa masuk ke jaringan MAC filter Address akan membatasi user dalam mengakses jaringan wireless. Alamat MAC dari perangkat komputer user akan didaftarkan terlebih dahulu agar bisa terkoneksi dengan jaringan wireless.
Manfaat MAC Filter, Sebagai Salah satu alternatif untuk mengurangi kelemahan jaringan wireless karena. Hampir setiap wireless access point maupun router difasilitasi dengan keamanan MAC Filtering. Hal ini sebenarnya tidak banyak membantu dalam mengamankan komunikasi wireless, karena MAC address sangat mudah dispoofing atau bahkan dirubah. Tools ifconfig pada OS Linux/Unix atau beragam tools spt network utilitis, regedit, smac, machange pada OS windows dengan mudah digunakan untuk spoofing atau mengganti MAC address. Untuk mengubah MAC address interface jaringan, cukup menggunakan tools sederhana seperti MAC MakeUp.

Kelebihan Mac Address Filtering
     - untuk menseleksi komputer mana yang boleh masuk kedalam jaringan berdasarkan MAC   Address. Bila tidak terdaftar, tidak akan bisa masuk ke jaringan
                MAC filter  Address  akan  membatasi  user  dalam mengakses  jaringan  wireless. Alamat   MAC  dari perangkat komputer   user akan didaftarkan terlebih dahulu  agar  bisa  terkoneksi  dengan  jaringan wireless,

 Kelemahan Mac addres filtering

MAC Address bisa di ketahui dengan software kisMAC. Setelah diketahui MAC Address bisa ditiru dan tidak konflik walau ada banyak MAC Address sama terkoneksi dalam satu AP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknik Informatika © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers